Biografi Samuel Morse - Penemu Telegraf Tistrik

Sаmuеl Fіnlеу Brееѕе Mоrѕе adalah seorang penemu yang berasal Amerika Serikat. Morse juga pelukis, namun ia lebih terkenal atas penemuan telegraf listrik. Bersama dengan asistennya Alexander Bain ia menciptakan alfabet khusus bagi digunakan di telegraf, yg disebut kode Morse.

adalah seorang penemu asal Amerika Serikat Biografi Samuel Morse - Penemu Telegraf Tistrik
Ide tercetusnya sebuah  telegrafi elektrik Ia dapatkan saat melihat seorang penumpang di kapal yang ia tumpangi memperagakan elektromagnet. Penemu kelahiran Charlestown, Massachusetts, Amerika Perkumpulan, 27 April 1791 ini memproduksi telegraf listrik pertama yg berguna pada tahun 1835.

Pada tahun 1843 ia memperoleh 30.000 dolar Amerika dari Kongres buat jalur eksperimen dari Washington, D.C. ke Baltimore dan pada tanggal 24 Mei 1844 ia mengirimkan pesan pertama melalui telegrafi Amerika, dari Washington ke Baltimore, dengan kode Morse: "Whаt hаth Gоd wrоught", kata-kata dalam pesan itu adalah, "Aраkаh уаng tеlаh Tuhаn tulіѕ?"

Morse hidup sampai usia lanjut. Ia sempat menyaksikan saluran telegraf dipasang di segala bagian dunia termasuk kabel-kabel bawah laut. Pada ulang tahunnya yg ke delapan puluh. Sebuah patung dirinya diresmikan di Central Park, New York sebagai penghargaan atas jasa-jasanya. Setahun setelah itu ia meninggal di New York City, New York, Amerika Perkumpulan, 2 April 1872 pada umur 80 tahun.

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain