Profil Faldo Maldini - Wasekjen Partai Amanat Nasional

Faldo Maldini adalah seorang tokoh aktivis mahasiswa yg pernah dipercaya sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI). Pernah menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Departemen Fisika UI (2010), Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA UI (2011), hingga Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UI (2012).

Pemilik akun Instagram https://www.instagram.com/faldomaldini/ juga didaulat sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI UK) ketika ia melanjutkan pendidikan pasca sarjana.

Pasca lulus dari Universitas Indonesia, Pemilik akun Twitter @FaldoMaldini melanjutkan studi pasca-sarjana di Plastic Electronic Materials, Department of Physics, Imperial College London (2013-2014). Di samping meneliti dan tergabung di grup riset Experimental Solid State Physics (EXSS), Ia juga menerima amanah sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom (PPI UK) 2013/2014.

Selain aktif berorganisasi, pria kelahiran lahir Padang, Sumatera Barat, 9 Juli 1990 ini juga sering sedang riset yang dipublikasikan di dalam dan luar negeri mewakili UI dan Indonesia. Pada tingkat nasional riset Faldo dan timnya dua kali mendapatkan gelar juara dalam berbagai perlombaan mewakili Universitas Indonesia pada tahun 2010. Sebagai individu, Faldo juga berhasil meraih juara 3 pada kompetisi Mahasiswa Berprestasi pada tahun 2011.

 adalah seorang tokoh aktivis mahasiswa yang pernah dipercaya sebagai Ketua Badan Eksekuti Profil Faldo Maldini - Wasekjen Partai Amanat NasionalBakat kepemimpinan yg dimilikinya diapresiasi oleh PPSDMS NF dan Goodwill International Scholarship yang masing-masing memberikan beasiswa kepemimpinan pada Faldo.

Sebagai Ketua PPI UK, Faldo memimpin 32 cabang yg dimiliki organisasi itu yg tersebar di berbagai wilayah di Inggris dengan jumlah mahasiswa Indonesia sekitar 1.600 orang.

Bersama Selvin Andika ZM, suami dari Davrina Rianda Davron ini menggagas Pulangkampuang.com, sebuah portal yang bertujuan menyatukan orang Minang yg ada di rantau dan di kampung (Sumatera Barat). Portal ini sebagai wadah gerakan untuk berkontribusi buat urang awak yang masih berjuang di daerah rantau maupun di Ranah Minang. Beberapa hal telah berhasil dia wujudkan lewat pulangkampuang.com, komunitas orang Minang binaannya yg kini sudah mencapai 30 ribu anggota. Di Pulangkampuang.com, ia menggalakkan program penggunaan mesin pengelolaan limbah yg membeli sampah dari masyarakat untuk didaur ulang.

Pada tahun 2018, ayah dari Dayna Fakhra Madrian ini menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Amanat Nasional (PAN). Sebagai Wasekjen, tugas Faldo meliputi koordinasi dengan DPW dan DPC di daerah, membangun sistem pengkaderan yg sistematis, hingga membantu mensukseskan sang ketua umum, Zulkifli Hasan, di Pemilihan Kepala Negara (Pilpres) 2019.


Buku
  • Karena Selama Hayati Kita Belajar (2015)

Karier organisasi
  • Ketua Himpunan Mahasiswa Departemen Fisika UI (2010)
  • Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA UI (2011)
  • Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UI (2012)
  • Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom (2013 – 2014)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain