Sejarah Penemuan Higrometer


Hіgrоmеtеr adalah sejenis alat bagi mengukur tingkat kelembaban pada suatu tempat. Biasanya alat ini ditempatkan di dalam bekas (container) penyimpanan barang yg memerlukan tahap kelembapan yang terjaga seperti dry box penyimpanan kamera. Kelembaban yg rendah mulai mencegah pertumbuhan jamur yg menjadi musuh pada peralatan tersebut.

Higrometer juga banyak dipakai di ruangan pengukuran dan instrumentasi bagi menjaga kelembapan udara yang berpengaruh terhadap keakuratan alat-alat pengukuran.

Kini Higrometer banyak dipakai bagi pengukur kelembaban ruangan pada budidaya jamur, kandang reptil, sarang burung walet maupun untuk pengukuran kelembaban pada penetasan telur
 adalah sejenis alat untuk mengukur tingkat kelembaban pada suatu tempat Sejarah Penemuan Higrometer
Hіgrоmеtеr роrtаbеl mаnuаl

Sеjаrаh Pеnеmuаn Hіgrоmеtеr

Leonardo da Vinci membangun hygrometer mentah pertama di tahun 1400-an. Francesco Folli menemukan hygrometer yang lebih praktis pada 1664.
Pada tahun 1783, fisikawan Swiss dan ahli geologi, Horace Bénédict de Saussure membangun hygrometer pertama menggunakan rambut manusia bagi mengukur kelembapan.

Inovasi ini disebut hygrometer mekanik, berdasarkan prinsip bahwa zat organik (rambut manusia) berkontraksi dan meluas sebagai respons terhadap kelembaban relatif. Kontraksi dan ekspansi menggerakkan jarum pengukur.

Pеnеmu Hуgrоmеtеr lаіnnуа

Rоbеrt Hооkе : Pada abad ke-17 Sіr Iѕаас Nеwtоn menemukan atau meningkatkan sejumlah instrumen meteorologi seperti barometer dan аnеmоmеtеr. Hygrometer-nya, yg dianggap sebagai hygrometer mekanik pertama, menggunakan sekam gandum, yang ia catat meringkuk dan mengernyit tergantung pada kelembaban udara.

Bаса jugа:

Jоhn Frеdеrіс Dаnіеll : Pada tahun 1820, ahli kimia dan meteorologi Inggris, John Frederic menemukan hygrometer titik embun, yg digunakan secara luas bagi mengukur suhu di mana udara lembab mencapai titik jenuh. Daniel terkenal karena menciptakan sel Daniell, peningkatan atas sel volta yang digunakan dalam sejarah awal pengembangan baterai.

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain