Edwin Howard Armstrong - Penemu Radio Fm

Edwіn Hоwаrd Armѕtrоng аdаlаh ѕаlаh іnѕіnуur аѕаl Amеrіkа Sеrіkаt уаng tеrkеnаl kаrеnа mеnсірtаkаn rаdіо FM. Iа mеnеmukаn rаngkаіаn rеgеnеrаtіf kеtіkа dіа ѕаrjаnа dаn dіраtеnkаn раdа tаhun 1914, ѕіrkuіt ѕuреr-rеgеnеrаtіf (1922), dаn реnеrіmа ѕuреrhеtеrоdуnе (1918).


Bіоgrаfі

Pria kelahiran di New York Amerika Serikat, 18 Desember 1890 ini sejak kecil telah tampak Kepintaran dan keuletannya. Bahkan, ketika usianya baru menginjak 14 tahun dia sudah bercita-cita ingin menjadi seorang penemu.

Edwin Howard Armstrong adalah salah insinyur asal Amerika Serikat yang terkenal karena men Edwin Howard Armstrong - Penemu Radio FM
Ketika menginjak remaja, Armstrong mulai mencoba menjadi tukang servis alat-alat rumah tangga nirkabel. Saat duduk dibangku Sekolah Menengah Atas, dia mulai mengadakan uji mencoba dengan membuat tiang antenna di depan rumahnya buat mempelajari teknologi nirkabel yg kala itu kadang mengalami gangguan.

Dia mampu segera memahami permasalahan pada alat komunikasi tersebut. Bukan cuma itu, Armstrong pun mampu menemukan kelemahan sinyal pada penerima akhir transmisi komunikasi. Padahal, tidak ada cara yg yg yang lain bagi memperkuat tenaga pada pengiriman akhir.

Untuk mengembangkan pengetahuannya pada masalah gelombang komunikasi, setelah tamat Sekolah Menengah Atas, Armstrong masuk ke Jurusan Teknik Universitas Columbia. Di sini dia melanjutkan penelitiannya dibidang nirkabel. Pada tahun ketiga dikampus ini, dia memperkenalkan temuannya, merupakan penguat gelombang radio pertama (radio amplifer).

Armstrong baru sebelas tahun ketika Guglielmo Marconi membuat transmisi radio trans-Atlantik pertama. Armstrong muda mulai belajar radio dan membangun peralatan nirkabel buatan sendiri, termasuk antena 125-kaki di halaman belakang orang tuanya.


Rаdіо FM 1933

Edwin Armstrong dikenal menciptakan radio frekuensi-modulated atau FM pada tahun 1933. Modulasi frekuensi atau FM meningkatkan sinyal audio radio dengan mengendalikan kebisingan statis yg disebabkan oleh peralatan listrik dan atmosfer bumi. Edwin Armstrong menerima paten AS 1.342.885 bagi "Metode Penerimaan Radio Osilasi Frekuensi Tinggi" bagi teknologi FM-nya.

Selain modulasi frekuensi, Edwin Armstrong dikenal juga menciptakan dua inovasi kunci lainnya yakni regenerasi dan superheterodyning. Setiap radio atau televisi saat ini menggunakan sesuatu atau lebih penemuan Edwin Armstrong.


Amрlіfіkаѕі Rеgеnеrаѕі 1913 

Pada tahun 1913, Edwin Armstrong menemukan rangkaian (Regenerative or Feedback) regeneratif atau umpan balik. Regenerasi amplifikasi bekerja dengan mengirimkan sinyal radio yg diterima melalui tabung radio 20.000 kali per detik, yg meningkatkan kekuatan sinyal radio yg diterima dan memungkinkan siaran radio buat memiliki jangkauan yang lebih besar.


Suреrhеtrоdуnе Tunеr

Edwin Howard Armstrong adalah salah insinyur asal Amerika Serikat yang terkenal karena men Edwin Howard Armstrong - Penemu Radio FM
Edwin Armstrong menemukan tuner superhetrodyne yg memungkinkan radio bagi bisa disetel ke stasiun radio yg berbeda.

Desain sirkuit tunggal temuan Armstrong menjadi kunci kelangsungan gelombang transmiter yg menjadi inti operasional radio. Dan dia lulus sarjana teknik tahun 1913. Atas temuannya tersebut, Armstrong mematenkan ciptaannya dan memberi lisensinya pada Marconi Corporation tahun 1914.

Enam tahun kemudian, Westinghouse membeli hak paten Armstrong atas penerima superheterodyne, dan memulai kiprahnya menjadi stasiun radio pertama bernama KDKA di Pittsburgh. Mulailah radio menjadi sangat populer pada saat itu, mulai dari hiburan sampai berita utama, tidak ada yg tidak menggunakan jasa radio. Setelah itu, bermunculan terus gelombang radio lainnya. RCA (The Radio Corporation of America) segera membeli semua hak paten radio begitu juga radio yang lain ikut membelinya.

Setelah Perang Dunia I usai, Armstrong kembali ke Universitas Columbia dan bekerja sebagai profesor di universitas tersebut. Tahun 1923 dia menikah dengan Marion MacInnes, sekretaris dari Presiden RCA, David Sarnoff. Pada dekade tersebut dia terlibat dalam perang perusahaan dalam mengendalikan hak paten radio. Hal ini berlanjut sampai awal tahun 1930, dan Armstrong kalah di pengadilan. Meski demikian, dia terus melanjutkan penelitian buat memecahkan persoalan statistik radio. Ia berkesimpulan, cuma ada sesuatu solusi agar karyanya yang sudah dicuri orang mampu dihargai, merupakan merancang sistem yg sama sekali baru. Penelitian demi penelitian pun selalu dia lakukan untuk lebih menyempurnakan suara radio tersebut. Pada 1933 Amstrong memperkenalkan sistem radio FM (frequency modulation), yang memberi penerimaan jernih meski ada badai dan menawarkan ketepatan suara yang tinggi yg sebelumnya belum ada. Sistem tersebut juga menyediakan sebuah gelombang tunggal membawa dua program radio dengan sekali angkut. Pengembangan ini disebut dengan multiplexing.

Untuk memperkenalkan temuannya pada dunia, pada tahun 1940 Armstrong memperoleh izin buat mendirikan stasiun radio FM pertama yg didirikan di Alpine, New Jersey. Berkat temuannya tersebut , pada 1941, Institut Franklin memberi penghargaan kepada Armstrong berupa medali Franklin, yang merupakan salah satu penghargaan tertinggi komunitas ilmuwan. Kekalahannya dalam sengketa selama bertahun-tahun dengan perusahaan yg telah memanfaatkan hak ciptanya, tidak berpengaruh terhadap pemberian medali Franklin tersebut.


Kеmаtіаn

Inovasi Armstrong membuatnya menjadi orang kaya, dan dia memegang 42 hak paten dalam hidupnya. Namun, ia juga mendapati dirinya terlibat dalam sengketa hukum yg berlarut-larut dengan RCA, yg memandang radio FM sebagai ancaman terhadap bisnis radio AM-nya.

Armstrong bunuh diri pada tahun 1954, melompat dari apartemennya di New York City. Armstrong meninggal di Manhattan, New York, 31 Januari 1954 pada umur 63 tahun.

Istrinya, Marion MacInnes, yg menjadi pewaris hasil temuan Armstrong melanjutkan perjuangan suaminya bertempur di persidangan dan memenangkan jutaan dolar. Atas kejernihan suara yang dihasilkannya di awal ’60-an, saluran FM mendominasi sistem radio, dan bahkan digunakan buat komunikasi antara bumi dan luar angkasa oleh Badan Antariksa Nasional Amerika, NASA.


Sumbеr:
  • httрѕ://www.thоughtсо.соm/еdwіn-hоwаrd-аrmѕtrоng-1991244
  • httрѕ://іd.wіkіреdіа.оrg/wіkі/Edwіn_Hоwаrd_Armѕtrоng

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain