Ohm-Meter - Alat Ukur Hambatan Listrik

Ohm-mеtеr adalah alat pengukur hambatan listrik, merupakan daya bagi menahan mengalirnya arus listrik dalam suatu konduktor. Besarnya satuan hambatan yg diukur oleh alat ini dinyatakan dalam ohm. Alat ohm-meter ini menggunakan galvanometer buat mengukur besarnya arus listrik yg lewat pada suatu hambatan listrik (R), yang kemudian dikalibrasikan ke satuan ohm.

 yaitu daya untuk menahan mengalirnya arus listrik dalam suatu konduktor Ohm-meter - Alat Ukur Hambatan Listrik

Desain asli dari ohmmeter menyediakan baterai kecil buat menahan arus listrik. Ini menggunakan galvanometer untuk mengukur arus listrik melalui hambatan. Skala dari galvanometer ditandai pada ohm, karena voltase tetap dari baterai memastikan bahwa hambatan menurun, arus yg melalui meter mulai meningkat. Ohmmeter dari sirkui itu sendiri, oleh karena itu mereka tidak mampu digunakan tanpa sirkuit yg terakit.

Tipe yg lebih akurat dari ohmmeter memiliki sirkuit elektronik yg melewati arus constant (I) melalui hambatan, dan sirkuti lainnya yang mengukur voltase (V) melalui hambatan. Menurut persamaan berikut, yg berasal dari hukum Ohm, nilai dari hambatan (R) bisa ditulis dengan:




V menyatakan potensial listrik (voltase/tegangan) dan I menyatakan besarnya arus listrik (Ampere) yg mengalir.
Sаtu оhm (уаng dіukur оlеh аlаt оhm-mеtеr) аdаlаh hаmbаtаn lіѕtrіk реmbаwа аruѕ уg mеnghаѕіlkаn реrbеdааn tеgаngаn ѕаtu vоlt kеtіkа аruѕ ѕеѕuаtu аmреrе mеlеwаtіnуа.
Untuk pengukuran tingkat tinggi tipe meteran yg ada di atas sangat tidak memadai. Ini karena pembacaan meteran adalah jumlah dari hambatan pengukuran timah, hambatan kontak dan hambatannya diukur. Untuk mengurangi efek ini, ohmmeter yg teliti buat mengukur voltase melalui resistor. Dengan tipe dari meteran ini, setiap arus voltase turun dikarenakan hambatan dari gulungan pertama dari timah dan hubungan hambatan mereka diabaikan oleh meteran. Teknik pengukuran empat terminal ini dinamakan pengukuran Kelvin, setelah metode William Thomson, yang menemukan Jembatan Kelvin pada tahun 1861 buat mengukur hambatan yg sangat rendah. Metode empat terminal ini mampu juga digunakan buat melakukan pengukuran akurat dari hambatan tingkat rendah.


Pеnеmu Ohm-mеtеr

Gоеrgе Sіmоn Ohm adalah seorang ilmuan Kebangsaan Jerman Bidang Fisika Institusi Universitas Munich Alma mater Universitas Erlangen Pembimbing akademik Karl Christian von Langsdorf Dikenal atas Hukum Ohm. Beliau dilahirkan di erlangen, 16 Maret 1789, dan Meninggal 6 Juli 1854 (umur 65). Namun namanya masih diabadikan sampai sekarang dengan penemuan alat pendeteksi arus listrik walaupun pada mulanya alat ukur listrik ditemukan oleh orang perancis Andre M. Ampere, volt dari seorang Italia Alessandro Volta, dan ohm dari orang german Georg Simon ohm. Simbol matematika dari setiap satuan sebagai berikut “R” untuk resistance (Hambatan), V bagi voltage (tegangan), dan I bagi intensity (arus), standard symbol yg yang lain dari tegangan adalah E atau Electromotive.

Baca: "Bіоgrаfі Gеоrg Ohm - Pеnеmu Hukum Ohm"

Inсоmіng ѕеаrсh: оhm mеtеr vаре, саrа mеmbаса оhm mеtеr, ѕеjаrаh оhm mеtеr, rаngkаіаn оhm mеtеr, gаmbаr оhm mеtеr, саrа mеrаwаt оhm mеtеr, lароrаn рrаktіkum оhm mеtеr, саrа kаlіbrаѕі оhm mеtеr

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain