Osiloskop: Bagian-Bagian, Kegunaan, Jenis, Rumus

Oѕіlоѕkор adalah alat ukur elektronika yang berfungsi memproyeksikan bentuk sinyal listrik agar bisa dilihat dan dipelajari. Osiloskop dilengkapi dengan tabung sinar katode. Peranti pemancar elektron memproyeksikan sorotan elektron ke layar tabung sinar katode. Sorotan elektron membekas pada layar. Suatu rangkaian khusus dalam osiloskop menyebabkan sorotan bergerak berulang-ulang dari kiri ke kanan. Pengulangan ini menyebabkan bentuk sinyal kontinyu sehingga bisa dipelajari.

adalah alat ukur elektronika yang berfungsi memproyeksikan bentuk sinyal listrik agar dapa Osiloskop: Bagian-Bagian, Kegunaan, Jenis, Rumus
Osiloskop biasanya digunakan buat mengamati bentuk gelombang yg tepat dari sinyal listrik. Selain amplitudo sinyal, osiloskop mampu memamerkan distorsi, waktu antara beberapa peristiwa (seperti lebar pulsa, periode, atau waktu naik) dan waktu relatif dari beberapa sinyal terkait.

Semua alat ukur elektronik bekerja berdasarkan sampel data, semakin tinggi sampel data, semakin akurat peralatan elektronik tersebut. Osiloskop, pada umumnya juga mempunyai sampel data yg sangat tinggi, oleh karena itu osiloskop yaitu alat ukur elektronik yg mahal.

Baca: "Fеrdіnаnd Brаun - Sаng Pеnеmu Oѕіlоѕkор Pеrtаmаkаlі"

Jika sebuah osiloskop mempunyai sampel rate 10 Ks/s (10 kilo sample/second = 10.000 data per detik), maka alat ini mulai melakukan pembacaan sebanyak 10.000 kali dalam sedetik. Jika yg diukur adalah sebuah gelombang dengan frekuensi 2500 Hz, maka setiap sampel mulai memuat data 1/4 dari sebuah gelombang penuh yg kemudian mulai ditampilkan dalam layar dengan grafik skala XY.


Jеnіѕ-jеnіѕ Oѕіlоѕkор

Saat ini, terdapat 2 jenis Osiloskop merupakan Osiloskop Analog yang menggunakan Teknologi CRT (Cathode Ray Tube) untuk menampilkan sinyal listriknya dan Osiloskop Digital yg menggunakan LCD untuk menampilkan sinyal listrik atau gelombang.

Osiloskop Tabung Kaca layarnya terbuat dari tabung CRT. Jenis ini saat ini dikenal sebagai osiloskop analog. Jenis ini merupakan pengembangan dari osiloskop yg pertama dikembangkan. Osiloskop tersebut memiliki respon terhadap signal lebih cepat dibandingkan dengan digital.

Jenis Osiloskop LCD umumnya merupakan osiloskop yg lebih maju dan telah menggunakan layar LCD yang lebih ringan. Osiloskop macam ini disebut juga osiloskop digital. Kelebihan osiloskop digital ialah kemampuannya dalam menentukan bandwidth yg lebih fleksibel. Jenis ini dapat dibagi secara spesifik menjadi 4 macam merupakan:
  • Oѕіlоѕkор Sаmрlіng Dіgіtаl
  • Oѕіlоѕkор Pоrtаbеl
  • Oѕіlоѕkор Bеrbаѕіѕ Kоmрutеr ( PC)
  • Oѕіlоѕkор Sіgnаl Cаmрurаn

Cіrі Pеngukurаn Oѕіlоѕkор

Osiloskop memakai basis waktu sebagai pengukuran. Selain itu juga tegangan serta frekuensi yg juga dipautkan terhadap waktu. Umumnya kemampuan sebuah osiloskop bisa dipergunakan buat mengukur frekuensi, amplitudo, bentuk gelombang listrik, dan fasa listrik.

Jеnіѕ Pеngukurаn Yаng Dіlаkukаn Oѕіlоѕkор
  • Tеgаngаn Mаkѕіmum dаn Mіnіmum
  • Mеngukur Tеgаngаn Rаtа-rаtа
  • Bеntuk Gеlоmbаng
kеgunааn оѕіlоѕkор, оѕіlоѕkор bіаѕа dіраkаі оlеh, bаgіаn bаgіаn оѕіlоѕkор, оѕіlоѕkор рdf, gаmbаr оѕіlоѕkор dіgіtаl, jеnіѕ оѕіlоѕkор, hаrgа оѕіlоѕkор, rumuѕ оѕіlоѕkор

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain