Piknometer - Rumus, Metode, Prinsip Kerja, Kelebihan Dan Kekurangan

Pіknоmеtеr (Pусnоmеtеr) adalah alat yang digunakan buat menentukan massa macam dari suatu cairan. Piknometer pertama dirancang oleh Abu Rаіhаn Muhаmmаd аl-Bіrunі (973-1048) dari Persia. Piknometer digunakan dalam standar ISO: ISO 1183-1:2004, ISO 1014–1985 dan standar ASTM: ASTM D854.

Sebuah piknometer biasanya terbuat dari kaca, dengan penyumbat ketat dengan pipa kapiler yg melaluinya, sehingga gelembung udara bisa lolos dari alat tersebut. Perangkat ini memungkinkan massa macam cairan buat diukur secara akurat dengan mengacu pada fluida kerja yg sesuai, seperti air atau raksa, menggunakan neraca analitik. Metodologi yang mempelajari hasil yg diperoleh oleh alat ini disebut Piknometri.

Untuk cairan cair, piknometer ditimbang kosong, kemudian diisi dengan air suling sampai tanda batas buat menentukan volume pada suhu tertentu, dan kemudian diisi dengan cara yg sama dengan cairan sampel, dan massa macam sampel bisa dihitung. Semua penentuan massa macam, baik pada air suling (standar) maupun cairan sampel harus dikerjakan pada suhu yg sama.

adalah alat yang digunakan untuk menentukan massa jenis dari suatu cairan Piknometer - Rumus, Metode, Prinsip kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Jika labu ditimbang kosong, penuh air, dan penuh cairan yg massa macam relatif yg diinginkan, massa jenis relatif cairan mampu dengan gampang dihitung. Massa macam partikel bubuk, dimana metode umum memakai penimbangan tidak mampu diterapkan, dapat pula ditentukan dengan piknometer. Bubuk ini ditambahkan ke dalam piknometer, yg kemudian ditimbang, memberikan massa sampel bubuk. piknometer tersebut kemudian diisi dengan cairan dengan massa jenis yg diketahui, di mana bubuk benar-benar larut. Massa cairan yang dipindahkan kemudian bisa ditentukan, dan karenanya menghasilkan massa macam relatif bubuk.


Rumuѕ Pеrhіtungаn

adalah alat yang digunakan untuk menentukan massa jenis dari suatu cairan Piknometer - Rumus, Metode, Prinsip kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Karena massa jenis udara kering pada tekanan 101.325 kPa dan suhu 20 °C adalah 0.001205 g/cm3 dan massa jenis air adalah 0.998203 g/cm3 terdapat perbedaan antara massa jenis relatif sebenarnya dan semu bagi zat dengan massa macam relatif (20 °C/20 °C) pada sekitar 1.100 bisa menjadi 0.000120. Ketika menghasilkan massa macam relatif sampel dekat dengan air maka (misalnya larutan etanol encer) koreksinya bahkan lebih kecil lagi.


Pіknоmеtеr gаѕ

Terdapat pula manifestasi berbasis gas dari piknometer dikenal sebagai piknometer gas. Alat ini membandingkan perubahan tekanan yg disebabkan oleh perubahan terukur dalam suatu volume tertutup berisi acuan (biasanya sebuah bola baja dengan volume diketahui) terhadap perubahan tekanan yg disebabkan oleh sampel pada keadaan yg sama. Disparitas perubahan tekanan mewakili volume sampel seandainya dibandingkan dengan bola acuan, dan biasanya digunakan bagi partikulat padat yg dapat larut dalam media cair pada desain piknometer yg dijelaskan di atas, atau bagi bahan berpori mana cairan tidak akan sepenuhnya menembus. (Wіkіреdіа)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain