Voltmeter: Pengertian, Rumus, Dan Cara Penggunaan

Pеngеrtіаn Vоltmеtеr

Voltmeter adalah alat/perkakas bagi mengukur besar tegangan listrik dalam suatu rangkaian listrik. Voltmeter disusun secara paralel terhadap letak komponen yang diukur dalam rangkaian.

Alat ini terdiri dari tiga buah lempengan tembaga yang terpasang pada sebuah bakelite yg dirangkai dalam sebuah tabung kaca atau plastik. Lempengan luar berperan sebagai anode sedangkan yg di tengah sebagai katode. Umumnya tabung tersebut berukuran 15 x 10 cm (tinggi x diameter).

perkakas untuk mengukur besar tegangan listrik dalam suatu rangkaian listrik Voltmeter: Pengertian, Rumus, dan Cara Penggunaan
Vоltmеtеr аnаlоg
Voltmeter digunakan buat mengukur besaran tegangan atau beda potensial listrik antara beberapa titik pada suatu rangkaian listrik yg dialiri arus listrik. Pada alat ukur voltmeter ini biasanya ditemukan tulisan voltmeter (V), milivoltmeter (mV), mikrovoltmeter, dan kilovolt (kV).

Sekarang ini, voltmeter ditemukan dalam beberapa macam merupakan voltmeter analog (jarum penunjuk) dan voltmeter digital. Voltmeter memiliki batas ukur tertentu, yakni nilai tegangan maksimum yg mampu diukur oleh voltmeter tersebut. Jika tegangan yg diukur oleh voltmeter melebihi batas ukurnya, voltmeter akan rusak.


Rumuѕ dаn Cаrа mеnggunаkаn Vоltmеtеr

Untuk menggunakan Voltmeter. sebuah rangkaian listrik harus dirangkai dulu secara paralel. Dengan demikian Rangkaian tersebut bisa diukur nilai tegangannya.

Tegangan listrik hasil pengukuran voltmeter dirumuskan dengan:

Tеgаngаn (V) = (Angkа уаng dіtunjukkаn jаrum vоltmеtеr / ѕkаlа mаkѕіmum) x bаtаѕ ukur

Voltmeter terus dihubungkan dengan Alеѕѕаndrо Vоltа, sang penemu Baterai. Alеѕѕаndrо Gіuѕерре Antоnіо Anаѕtаѕіо Gеrоlаmо Umbеrtо Vоltа (lahir di Como, Tanah Milik Duke Milan, (kini Italia), 18 Februari 1745 – meninggal di Como, Lombardi-Venetia, (kini Italia), 5 Maret 1827 pada umur 82 tahun) adalah seorang fisikawan Italia. Ia terutama dikenal karena mengembangkan baterai pada tahun 1800.

Ia melanjutkan pekerjaan Luigi Galvani dan membuktikan bahwa teori Galvani merupakan efek kejutan kaki kodok adalah salah. Secara fakta, efek ini muncul akibat 2 logam tidak sejenis dari pisau bedah Galvani. Berdasarkan pendapat ini, Volta berhasil menciptakan "Baterai Volta" (Voltac Pile). Atas jasanya, satuan beda potensial listrik dinamakan volt.

Sumbеr:
Inсоmіng ѕеаrсh: vоltmеtеr dаn аmреrеmеtеr, vоltmеtеr аnаlоg, vоltmеtеr mоtоr, vоltmеtеr ас, fungѕі vоltmеtеr, саrа mеmаkаі vоltmеtеr, саrа mеmbаса vоltmеtеr, rumuѕ vоltmеtеr

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain