Watt Meter (Pengukur Daya)

Wattmeter adalah alat buat mengukur daya listrik (atau tingkat pasokan energi listrik) dalam watt dari setiap sirkuit yg diberikan. Meteran elektromagnetik digunakan bagi pengukuran frekuensi utilitas dan daya frekuensi audio; macam yang lain diperlukan buat pengukuran frekuensi radio.

Wattmeter analog tradisional adalah instrumen elektrodinamik . Perangkat ini terdiri dari sepasang kumparan tetap, yg dikenal sebagai kumparan arus , dan kumparan bergerak yg dikenal sebagai kumparan potensial .

Wattmeter adalah alat untuk mengukur daya listrik  Watt Meter (Pengukur daya)
Kumparan ketika ini terhubung secara seri dengan sirkuit, sedangkan kumparan potensial terhubung secara paralel . Juga, pada pengukur watt analog , kumparan potensial membawa jarum yg bergerak di atas skala buat memperlihatkan pengukuran. Arus yg mengalir melalui koil ketika ini menghasilkan medan elektromagnetik di sekitar koil. Kekuatan bidang ini sebanding dengan arus garis dan selaras dengannya. Koil potensial memiliki, sebagai aturan umum, resistor bernilai tinggi yg dihubungkan secara seri dengannya bagi mengurangi arus yg mengalir melaluinya.

Wattmeter digital modern mengambil sampel tegangan dan arus ribuan kali per detik. Untuk setiap sampel, tegangan dikalikan dengan arus pada saat yg bersamaan; rata-rata selama setidaknya sesuatu siklus adalah kekuatan sebenarnya. Kekuatan nyata dibagi dengan volt ampere (VA) yang tampak adalah faktor daya. Sirkuit komputer memakai nilai sampel buat menghitung tegangan RMS, arus RMS, VA, daya (watt), faktor daya, dan kilowatt-jam. Bacaan mampu ditampilkan pada perangkat, disimpan buat menyediakan log dan menghitung rata-rata, atau dikirim ke peralatan yg yang lain bagi digunakan lebih lanjut. Watt sangat bervariasi dalam menghitung konsumsi energi dengan benar, terutama ketika daya nyata jauh lebih rendah dari VA (beban sangat reaktif , misalnya motor listrik ). Meter sederhana mampu dikalibrasi bagi memenuhi akurasi yg ditentukan cuma buat bentuk gelombang sinusoidal . Bentuk gelombang bagi catu daya mode-beralih seperti yg digunakan bagi banyak peralatan elektronik mungkin sangat jauh dari sinusoidal, yg menyebabkan kesalahan besar yg tak diketahui dan mungkin besar pada daya apa pun. Ini mungkin tidak ditentukan dalam manual meter.

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain