Wheatstone Bridge (Jembatan Wheatstone) - Alat Ukur Tahanan

Whеаtѕtоnе Brіdgе (Jembatan Wheatstone) yaitu suatu susunan rangkaian listrik buat mengukur suatu tahanan yg tidak diketahui harganya (besarannya). Kegunaan dari Jembatan Wheatstone adalah buat mengukur nilai suatu hambatan dengan cara arus yg mengalir pada galvanometer sama dengan nol (karena potensial ujung-ujungnya sama besar). Sehingga bisa dirumuskan dengan perkalian silang. Cara kerjanya adalah sirkuit listrik dalam empat tahanan dan sumber tegangan yg dihubungkan melalui beberapa titik diagonal dan pada kedua diagonal yg yg yang lain dimana galvanometer ditempalkan seperti yg diperlihatkan pada jembatan wheatstone. (Pratama, 2010).

Jembatan Wheatstone dipergunakan bagi mendapat ketelitian dalam melaksanakan pengukuran terhadap suatu tahanan yg nilainya relative kecil sekali. Umpamanya saja suatu kebocoran dari kabel tanah/ kortsluiting dan sebagainya. Rangkaian ini dibentuk oleh empat buah tahanan (R) yag merupakan segiempat A-B-C-D dalam hal mana rangkaian ini dihubungkan dengan sumber tegangan dan sebuah galvanometer nol (0). Kalau tahanan-tahanan itu diatur sedemikian rupa sehingga galvanometer itu tidak mulai mengadakan suatu hubungan antara keempat tahanan tersebut. (Suryatmo, 1986).

Jembatan Wheatstone adalah alat ukur yg ditemukan oleh seorang ilmuwan ahli fisika, dan ahli matematika Inggris, Samuel Hunter Christie (22 Maret 1784 - 24 Januari 1865) pada 1833 dan meningkat kemudian dipopulerkan oleh Sir Charles Wheatstone pada tahun 1843. Ini digunakan buat mengukur suatu yg tidak diketahui hambatan listrik dengan menyeimbangkan beberapa kali dari rangkaian jembatan, sesuatu kaki yg mencakup komponen diketahui kerjanya mirip dengan aslinya potensiometer.

Inсоmіng ѕеаrсh: kumрulаn ѕоаl dаn jаwаbаn jеmbаtаn wеѕtоn, соntоh ѕоаl jеmbаtаn kеlvіn, jеmbаtаn whеаtѕtоnе fіѕіkа kеlаѕ 12, dаlаm mеtоdе jеmbаtаn whеаtѕtоnе bеbеrара реngukurаn tеrhаdар rx mеnghаѕіlkаn, kеѕаlаhаn dаlаm рrаktіkum jеmbаtаn whеаtѕtоnе, рrіnѕір kеrjа tеrmоmеtеr jеmbаtаn whеаtѕtоnе, fungѕі rhеоѕtаt dаlаm jеmbаtаn whеаtѕtоnе, соntоh ѕоаl jеmbаtаn whіtе ѕtоnе

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain