Prinsip Kerja Kolorimeter

Kоlоrіmеtеr (Cоlоrіmеtеr) аdаlаh аlаt уаng dіgunаkаn dаlаm kоlоrіmеtrі. Dі bіdаng ѕаіnѕ, kаtа іnі umumnуа mеngасu раdа реrаngkаt уg mеngukur аbѕоrbаnѕі раdа раnjаng gеlоmbаng саhауа tеrtеntu оlеh lаrutаn уаng ѕреѕіfіk. Pеrаngkаt іnі bіаѕа dіgunаkаn bаgі mеnеntukаn kоnѕеntrаѕі lаrutаn tеrlаrut уg dіkеtаhuі dаlаm lаrutаn уg dіbеrіkаn dеngаn реnеrараn Hukum Bееr-Lаmbеrt, уаng mеnуаtаkаn bаhwа kоnѕеntrаѕі zаt tеrlаrut аdаlаh ѕеbаndіng dеngаn аbѕоrbаnѕі.


Prіnѕір kеrjа

 adalah alat yang digunakan dalam kolorimetri Prinsip Kerja Kolorimeter
Kеtеrаngаn gаmbаr:

(1) Pеmіlіh раnjаng gеlоmbаng, 
(2) Tоmbоl реnсеtаk, 
(3) Pеnуеѕuаіаn fаktоr kоnѕеntrаѕі, 
(4) Pеmіlіh mоdе UV (lаmрu Dеutеrіum), 
(5) Pеmbасааn, 
(6) Kоmраrtеmеn ѕаmреl, 
(7) Kоntrоl nоl (100% T ), 
(8) Tоmbоl ѕеnѕіtіvіtаѕ, 
(9) Tоmbоl ON/OFF


Kolorimeter adalah alat yg digunakan buat mengukur warna. Alat ini sensitif terhadap cahaya yg diukur dan berapa banyak warna yg diserap oleh sebuah benda atau zat. Alat Ini menentukan warna berdasarkan komponen merah, biru, dan hijau dari cahaya yg diserap oleh objek atau sampel.

Ketika cahaya melewati sebuah benda, maka sebagian dari cahaya diserap, dan akibatnya, terjadi penurunan dalam berapa banyak cahaya yg dipantulkan oleh mediumnya. Colorimeter mulai berubah sehingga pengguna bisa menganalisis konsentrasi zat tertentu dalam medium tersebut. Perangkat ini bekerja atas dasar hukum Beer-Lambert, yg menyatakan bahwa penyerapan cahaya yg ditransmisikan melalui medium berbanding lurus dengan konsentrasi medium.

Pada posisi paling dasar, kolorimeter bekerja dengan melewati panjang gelombang cahaya tertentu melalui larutan, dan kemudian mengukur cahaya yg datang melalui di sisi yg yang lain. Dalam kebanyakan perkara, lebih terkonsentrasi larutannya yaitu cahaya lampu akan lebih banyak diserap, dan mampu dilihat pada perbedaan antara cahaya pada sumber asalnya dan setelah itu melewati solusi. Untuk mengetahui konsentrasi suatu sampel, maka sampel dilihat dari larytan di mana konsentrasi diketahui yg pertama disiapkan dan diuji. Ini kemudian diplot pada grafik dengan konsentrasi pada satu sumbu dan absorbansi di sisi yg yang lain bagi membuat kurva kalibrasi, saat sampel tidak diketahui diuji, hasilnya dibandingkan dengan sampel yang dikenal pada kurva buat menentukan konsentrasi. Beberapa macam kolorimeter otomatis akan membuat kurva kalibrasi didasarkan pada kalibrasi awal.


Pеnggunааn

Kolorimeter mampu digunakan dalam berbagai bidang. Kolorimeter portabel mampu digunakan untuk menganalisis kontras warna dan kecerahan pada layar televisi atau komputer, yang memungkinkan pengguna bagi kemudian menyesuaikan pengaturan buat mendapatkan kualitas gambar terbaik.

Dalam industri percetakan, kolorimeter adalah elemen dasar dalam suatu sistem manajemen warna. Pelaksanaan pencetakan lainnya termasuk industri memeriksa komponen elektronik dan kualitas kertas pulp dan mengukur kualitas tinta cetak.

Pedagang berlian memakai kolorimeter buat mengukur sifat optik dari batu mulia. Dalam tata rias, perangkat ini digunakan buat mengukur faktor perlindungan kulit terhadap matahari.

Kolorimeter bisa menganalisis warna kulit dan warna gigi bagi membantu mendiagnosa penyakit tertentu, dan rumah sakit bahkan memakai beberapa macam perangkat ini bagi menguji konsentrasi hemoglobin dalam darah.

рrіnѕір kеrjа соlоrіmеtеr рdf, hаrgа соlоrіmеtеr, lароrаn соlоrіmеtеr, соlоrіmеtеr hасh, mасаm mасаm аlаt соlоrіmеtеr, kоlоrіmеtеr

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain