Biografi David Belle - Sang Founder Parkour

Dаvіd Bеllе adalah Pria kelahiran 29 April 1973 di Fecamp,Prancis. Ia dikenal luas karena menemukan dan memperkenalkan Parkour. Parkour mempunyai arti bergerak atau berpindah tempat dari point A ke point B seefisien dan secepat mungkin yang menggunakan prinsip dari Parkour dengan mengedepankan keindahan bergerak sekaligus diimbangi oleh kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri.

Meski Parkour telah ada sejak dahulu sebelum manusia mengenal kata “Parkour”, namun Parkour dideskripsikan dan dikenalkan ke segala dunia oleh David Belle. Dialah yg telah memperkenalkan olahraga ini ke segala dunia yang awalnya hanya berkembang di Prancis. Sehingga akhirnya berkembang ke semua daratan Eropa dan akhirnya menyebar ke semua dunia

 Ia dikenal luas karena menemukan dan memperkenalkan Parkour Biografi David Belle - Sang Founder Parkour
Dаvіd Bеllе
Parkour pertamakali ditemukan oleh David Belle bertujuan buat melatih efisiensi gerakan bagi membentuk badan dan pikiran seseorang buat mampu menghadapi rintangan-rintangan dalam kondisi bahaya.

Terinspirasi dari ayahnya, Raymond Belle seorang tentara Prancis yg akhirnya bergabung dengan sapeurs-pompiers ( pemadam kebakaran militer). Lahir di tengah keluarga pemadam kebakaran membuat David terinspirasi dengan cerita-cerita tentang kepahlawanan. Saat berumur 16 tahun, David menetapkan bagi meninggalkan sekolah bagi mencari kecintaannya akan kebebasan, aksi, dan untuk mengembangkan kekuatan dan ketangkasan yg dimilikinya agar berguna dalam kehidupannya, seperti yg selalu dinasihatkan oleh ayahnya.

Raymond memperkenalkan pada anaknya mengenai sebuah latihan halang rintang dan metode natural yg akhirnya dikenal dengan nama Parkour. Sejak saat itu,setiap David sepulang sekolah ia mulai memainkan skenario sendiri bagaimana dia bisa meloloskan diri dari situasi yang sulit. Menurut David, Parkour bisa berguna sebagai self-defense dalam keadaan tidak terduga. Saat martial art dapat disebut sebagai sebuah bentuk latihan buat fight (bertarung), parkour merupakan suatu bentuk latihan bagi flight (kabur).

Sejak Usia 15 tahun, David Belle pindah ke Lisses (salah sesuatu kota di Prancis). Pada waktu itu, dia bertemu dengan para remaja di sana yg tertarik dengan apa yg dikerjakan oleh David. Disinilah cikal bakal dari lahirnya sebuah grup Parkour.

Menurut David, Parkour haruslah mengedepankan mengenai keefektifan dan efisiensi yg menampilkan kesederhanaan dan memiliki filosofi melewati rintangan dengan cepat dan efisient. Sedangkan Menurut Sebastian Foucan, Parkour harus lebih menarik ketika ditampilkan (harus mampu menonjolkan juga sisi seni keindahannya), sehingga terjadilah sedikit perbedaan pendapat antara David Belle dan Sebastian Foucan. Kelak hal kecil ini mulai membuat sebuah sejarah Parkour menjadi lebih menarik.

Perkembangan pesat parkour justru dimulai setelah parkour "menyeberang" dari Prancis ke tanah inggris. Ide mengenalkan parkour menjadi lebih mendunia justru tiba dari Foucan. Foucan dan beberapa kawannya kemudian berfikir buat mengenalkan parkour ke tanah inggris. Foucan mulai memikirkan sebuah nama yg cocok buat "menerjemahkan" kata "Parkour" ke dalam bahasa Inggris. Karena kami segala tahu, orang inggris pasti awalnya mulai sulit menyampaikan "Parkour", justru menjadi "Park Our". Tercetuslah nama "Freerunning" sebagai terjemahan kata "Parkour" versi Inggris.

Setelah muncul di film dokumenter bernama Jump London, dilanjutkan Jump Britain, parkour seolah menjadi hobi yg membius semua anak muda dan remaja di kota London secara khusus dan Inggris secara umum. Setiap anak di muda dan remaja di Inggris ingin mampu sedang parkour, parkour, dan parkour. Parkour makin dikenal dengan nama "Freerunning". dan semakin hari, demam Parkour/Freerunning makin membius setiap anak muda London.

Jump London sendiri adalah film dokumenter yg ditayangkan di Channel 4 pada bulan september 2003. Mike Christie adalah dalang dari pembuatan film ini. Setelah sukses membius anak muda dan remaja London dengan Jump London, Mike Christie membuat lanjutannya, yaitu Jump Britain pada tahun 2005.

Dalam perkembangannya, parkour/freerunning di Inggris menjelma menjadi semacam olahraga jalanan. setiap orang ingin berlatih. Ada yg dari kalangan anak rumahan, skateboarder, praktisi tricking / akrobatik, gymnastic / senam lantai, praktisi beladiri / martial art, wall climbing, dll. Sangking bebasnya parkour (ketika itu), setiap orang mulai menambahkan ini dan itu di parkour/freerunning, salah satunya dengan penambahan flip/salto, spin/putaran, dan trik trik lainnya. Hal ini tentu menjadi sangat berbeda dengan apa yg anak muda london lihat di parkour versi Jump London dan Jump Britain, namun tampaknya Parkour/Freerunning versi flip,spin, dan tambahan trik lainnya terlihat lebih menarik dan lebih digemari. Mulailah muncul beberapa "kubu" yg ingin mempertahankan versi Jump London atau yg versi "terbaru". Dari sinilah muncul benih - benih yang membuat ada perbedaan dikalangan praktisi parkour/freerunning. Menurut anak-anak muda London, Parkour adalah versi awal, dan freerunning adalah semacam pengembangan parkour setelah dicampur dengan flip,spin, dan yg lain-yg lain. Kemudian pandangan seperti itulah yang menyebar ke segala dunia. Sehingga saat ini parkour dan freerunning dikenal sebagai dua hal yg berbeda. (Sumbеr)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain