Beberap Alat Yg Ditemukan Oleh Benjamin Franklin

Benjamin Franklin (lahir di Boston, Massachusetts, Amerika Perkumpulan, 17 Januari 1706 – meninggal di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Perkumpulan, 17 April 1790 pada umur 84 tahun) adalah seorang tokoh Amerika Perkumpulan yg terkenal dan telah meninggalkan banyak karya di dalam hidupnya. Franklin adalah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian. Ia adalah seorang wartawan, penerbit, pengarang, filantrofis, abolisionis, pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwan, diplomat, dan penemu sekaligus.

 adalah seorang tokoh Amerika Serikat yang terkenal dan telah meninggalkan banyak karya di Beberap Alat yang Ditemukan Oleh Benjamin Franklin
Franklin juga adalah salah seorang pemimpin Revolusi Amerika, dan salah satu penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Kata-katanya banyak yang terkenal dan dikutip orang. Misalnya "waktu adalah uang" kemungkinan besar berasal dari dirinya. Karena ia juga seorang penerbit dan pemilik percetakan, banyak kata-katanya yg masih mampu dibaca orang hingga sekarang karena ia juga banyak dan rajin menulis. Ia juga terkenal dengan percobaanya mengenai listrik (penangkal petir). Dia adalah Kepala Kantor Pos pertama di Amerika, pembuat "perpustakaan umum" pertama, dan orang pertama yang mengorganisasikan barisan pemadam kebakaran kota. Benjamin Franklin ialah anggota Freemasonry. (Wіkіреdіа)


Bеrіkut іnі bеbеrара аlаt уаng dіtеmukаn оlеh Bеnjаmіn Frаnklіn:

Glаѕѕ Armоnіkа

Benjamin Franklin menciptakan alat musik armonika memakai kaca yg ditiup buat menciptakan nada yg tepat pada tahun 1761. Armonika cukup populer di Inggris dengan komposer besar seperti Beethoven dan Mozart menggubah musik menggunakan alat musik tersebut.


Kоmроr Frаnklіn

Syahdan, alat memasak Benjamin Franklin yg ditemukan pada tahun 1742 ini dinilai lebih aman dan menghasilkan panas beberapa kali lipat dari kompor kayu biasa. Kompor Franklin memiliki seperti cerobong di puncaknya dan kotak udara di bagian belakang.


Pеnаngkаl Pеtіr

Eksperimen penangkal petir dilakukan oleh Franklin pada tahun 1752 dengan bantuan layang-layang yg diterbangkan pada awan bermuatan listrik. Dari percobaannya tersebut, dia menulis bahwa konduktor (penghantar listrik) dengan ujung yg tajam memiliki kemampuan buat menarik muatan listrik dan memiliki jangkauan penarikan yg lebih jauh dibandingkan dengan konduktor dengan ujung yg tumpul. Dia menyimpulkan bahwa pengetahuan mulai hal ini ini bisa digunakan buat melindungi rumah dari bahaya tersambar petir, dengan memasang sebatang besi runcing seruncing jarum dan diberi lapisan anti karat, yg diarahkan ke langit, dan pada kaki besi, diikatkan dengan kabel yang menuju ke tanah. Penangkal petir ini mulai menarik muatan listrik yg ada pada awan menuju ke tanah sehingga muatan yg ada pada awan tak cukup bagi menimbulkan petir dan kilat.


Lеnѕа Bіfоkаl

Bifokal atau dwipumpun adalah lensa yg memiliki beberapa titik fokus dan sesuatu titik api. Bagian atas digunakan buat melihat bagian yg jauh sedangkan bagian bawah bagi melihat bagian yg dekat dengan jarak kurang lebih 30 sampai 35 cm dari mata. Pengguna lensa ini biasanya berusia 40 tahun ke atas. Benjamin Franklin menciptakan lensa dengan dua titik fokus ini pada tahun 1784. Lensa bifocal memuat beberapa lensa bagi membaca sekaligus melihat jauh yg dipasang pada sesuatu frame kacamata.

Lensa bagi melihat jauh ditempatkan di bagian atas, sedangkan lensa bagi membaca ditempatkan di bagian bawah.


Odоmеtеr

Odometer adalah sebuah alat sebagai penunjuk Jeda Tempuh Kendaraan. Odometer digunakan juga buat mengetahui kapan waktunya mengganti oli. Cara bekerjanya secara mekanik atau elektronik. Apabila odometer dalam satuan KM/H, maka angka odometer yg ditunjukkan berupa jarak dalam satuan KM.

Biasanya odometer sering dikaitkan buat menentukan kendaraan tersebut jarang digunakan atau kadang digunakan pada ketika kita mulai membeli mobil atau motor bekas. Odometer diciptakan oleh Franklin pada tahun 1775.

Menjabat sebagai Postmaster General, dia berpikir tentang menemukan rute terbaik bagi mengirimkan surat. Odometer membantu dalam mengukur jarak tempuh kereta kuda yg membawa surat.


Kаtеtеr

Kateter adalah sebuah pipa panjang, ramping, dan fleksibel terbuat dari bahan yg lentur dan bisa dilihat dengan sinar X. Kateter memiliki berbagai fungsi, tergantung dari jenis dan karakteristik kateter. Kateter balon adalah kateter yg bisa digunakan bagi memecah endapan lemak pada pembuluh darah sehingga darah mampu mengalir kembali.

Kateterisasi urin adalah suatu tindakan bagi memasukkan kateter ke dalam kandung kemih melalui uretra. Hal ini dikerjakan cuma dalam keadaan terpaksa, karena ada risiko masuknya mikroorganisme ke dalam kandung kemih dan saluran kemih.

Ketika kakaknya menderita batu ginjal, Franklin mengembangkan kateter urin untuknya. Kateter ini adalah yg pertama diproduksi di Amerika.

Beberapa penemuan yang yang lain Benjamin Franklin termasuk sirip berenang, lengan panjang bagi meraih buku yg ditempatkan pada ketinggian, dan pemetaan

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain