Profil Dan Biodata St Burhanuddin - Jaksa Agung Republik Indonesia Ke-24

Dr. H. Sanitiar Burhanuddin, S.H., M.H. atau ST Burhanuddin adalah Jaksa Agung pada Kejaksaan Republik Indonesia. Burhanuddin terakhir menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun). Pada tanggal 23 Oktober 2019 beliau ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Jaksa Agung Republik Indonesia.

 atau ST Burhanuddin adalah Jaksa Agung pada Kejaksaan Republik Indonesia Profil dan Biodata ST Burhanuddin - Jaksa Agung Republik Indonesia ke-24
ST Burhanuddin lahir di Cirebon, 17 Juli 1954. Ia mengawali kariernya sebagai staf Kejaksaan Tinggi Jambi sejak tahun 1989. Kemudian mengikuti pendidikan pembentukan jaksa dan beberapa kali menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri sejumlah daerah, mulai dari Bangko (Jambi) hingga Cilacap.

Pada 2007 Burhanuddin menjabat Direktur Eksekusi dan Eksaminasi Kejaksaan Agung dan berlanjut sebagai Kejaksaan Tinggi Kejati Maluku Utara pada tahun 2008 hingga tahun 2009.

Kariernya terus melesat hingga pernah menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Utara dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat. Saat menjabat sebagai Kepala Kejati Sulawesi Selatan dan Barat pada tahun 2010, Burhanuddin cukup fokus pada penanganan kasus korupsi.

Ia mengibaratkan korupsi seperti kentut, ada baunya tapi tidak ada bentuknya. Oleh karena itu, tugasnya di kejaksaan adalah untuk membuktikan bentuk itu. Dia menyampaikan hal tersebut pada November 2010 silam.

Saat itu, Burhanuddin juga sempat menangani perkara korupsi yg menjerat mantan Bupati Gowa almarhum Ichsan Yasin Limpo.

Ichsan merupakan adik kandung Syahrul Yasin Limpo, eks Gubernur Sulawesi Selatan yg ditunjuk Jokowi sebagai menteri pertanian periode 2019-2024.

Ia terakhir menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (jamdatun) pada 2011 hingga pensiun pada 2014.

ST Burhanuddin juga dikenal sebagai Komisaris Utama PT Hutama Karya. Dia diberikan jabatan tersebut sejak 2015 lalu.

Pendidikan
  • SDN Majalengka (1962)
  • SMPN Majalengka (1968)
  • SMAN Magetan (1972)
  • Sarjana Hukum Pidana, Universitas Diponegoro (1980)
  • Magister Manajemen, Universitas Indonesia (2001)
  • Doktor, Universitas Indonesia (2006)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain