Habba Khatoon (Khatun) - Kalagrafer Kasmir

Habba Khatoon (atau Khatun), juga dikenal sebagai Zoon dan Nightingale dari Kashmir (1554–1609), adalah seorang penyair dan penyanyi Muslim Kashmir. Dia adalah istri Yusuf Shah Chak, penguasa Kashmir terakhir.

Dia menceraikan suaminya yang pertama buat berkelana, mempelajari Al-Qur’an, dan Farsi (bahasa Persia) dengan guru-guru Sufi. Dia juga merupakan seorang perempuan yg menjadi tokoh kunci dalam pengembangan bahasa Kashmir.
 juga dikenal sebagai Zoon dan Nightingale dari Kashmir  Habba Khatoon (Khatun) - Kalagrafer Kasmir
Gunung Hаbbа Khаtооn уаng bеrbеntuk lіmаѕ, tеrlеtаk dі Gurеz, Kаѕhmіr dіnаmаі mеnurut nаmаnуа.
Habba Khatun dilahirkan di sebuah desa kecil di Pampore, Pulwama di negara bagian Jammu dan Kashmir. Nama aslinya adalah Zoon atau Zun (Bulan), nama depan umum Kashmir. Menurut tradisi lisan, ia dipanggil Zoon karena kecantikannya yang luar biasa. Meskipun seorang petani, dia belajar membaca dan menulis dari desa moulvi. Pada usia dini ayahnya menikahkan dia dengan seorang anak lelaki petani tetapi pernikahan tersebut tidaklah lama dan berakhir dengan perceraian.

Menurut legenda, suatu hari Yusuf Shah Chak keluar berburu dengan menunggang kuda. Dia mendengar Zoon bernyanyi di bawah naungan pohon chinar, dan pasangan itu bertemu dan jatuh cinta. Tradisi lisan menggambarkan Zoon sebagai permaisuri ratu Yusuf Shah, meski ada perdebatan ilmiah mengenai apakah dia sebenarnya nyonya status rendah atau anggota haremnya.  Ia memasuki istana sekitar tahun 1570, dan pada suatu ketika mengubah namanya menjadi Habba Khatoon.

Pasangan itu dilaporkan sangat puas, dan Yusuf Shah menjadi penguasa Kashmir. Namun, mereka dipisahkan pada 1579 setelah kaisar Mughal Akbar membuat Yusuf Shah ditangkap dan dipenjara di Bihar, tidak pernah kembali. Setelah ini, Habba Khatoon menjadi seorang pertapa dan menghabiskan sisa hidupnya berkeliaran di Lembah menyanyikan lagu-lagunya.

Baca: "11 Tоkоh Wаnіtа Muѕlіmаh уаng Tеrkеnаl kаrеnа Kеіlmuwаnnуа"

Habba Khatun menggubah lagu-lagu dalam bahasa Kashmir. Dikatakan bahwa dia memperkenalkan "loal" ke puisi Kashmir, "Loal" kurang lebih setara dengan 'lirik' bahasa Inggris. Ini menyampaikan sesuatu pemikiran singkat. Braj Kachru menyatakan bahwa Habba Khatun dan Arnimal "menyempurnakan bentuk loal puisi Kashmir".

Ada beberapa perselisihan mengenai keakuratan historis biografi Habba Khatun, namun lagu-lagu yang terkait dengannya (termasuk kit Mye ha kaer chey dan Che Kamiu Sonei Myani ) sangat populer di segala Kashmir. Lagu-lagunya sering sedih dan penuh kesedihan karena perpisahan. Makamnya terletak di dekat Athwajan (konotasi bahasa Inggris: Handful of Rings) di jalan raya nasional Jammu-Srinagar.

Dia memiliki kehadiran yg mendalam dalam tradisi lisan dan dipuji sebagai ratu penyair independen terakhir Kashmir.

'Hаbbа Khаtооn (Khаtun) - Kаlаgrаfеr Kаѕmіr' adalah bagian dari seri " 'Tоkоh-Tоkоh Ilmuwаn Wаnіtа Iѕlаm dаn Pеnеmuаnnуа'"

Sumbеr: еn.wіkіреdіа.оrg

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain