Sutayta Al-Mahamali - Pakar Matematika Abad X, Ahli Aritmatika Dan Perhitungan Waris

Sutауtа Al-Mаhаmаlі adalah perempuan yang menguasai banyak ilmu. Ia unggul dalam bidang literatur Arab, hadis, ilmu hukum, dan matematika. Bahkan ia disebut sebagai ahli dalam bidang aritmatika dan perhitungan succesoral, cabang matematika yang berkembang pada masa itu.

Sutayta juga diketahui menemukan pemecahan dari beberapa permasalahan matematika yg kemudian tidak jarang digunakan oleh para ahli matematika yang lain.
 adalah perempuan yang menguasai banyak ilmu Sutayta Al-Mahamali - Pakar Matematika Abad X, Ahli Aritmatika dan Perhitungan Waris
Nir ada gambar Sutayta Al-Mahamali, ini adalah halaman dari risalah Muhаmmаd Ibn Muѕа Al-Khаwаrіzmі mеngеnаі mаtеmаtіkа уаng mungkіn tеlаh dіреlаjаrі оlеh Al-Mаhаmаlі.
Sutayta Al-Mahamli merupakan pakar matematika ini hidup pada paruh kedua abad ke-10. Ia berasal dari keluarga berpendidikan tinggi di Baghdad, Irak dari golongan wanita. Ayahnya, Abu Abdallah Al Hussein, menjabat sebagai seorang hakim yang juga penulis sejumlah buku, termasuk Kitab fi Al Fiqh dan Salat Al'idayn.

Sutayta sendiri menimba ilmu dari banyak ahli ternama, Abu Hamza bin Qasim, Omar bin Abdul Aziz al-Hashimi, Ismail bin Al-Abbas al-Warraq, Abdul AlGhafir bin Salamah al-Homsi, dan juga dari ayahnya sendiri.

Bаса: "Muḥаmmаd bіn Mūѕā аl-Khаwārіzmī - Ilmuwаn Muѕlіm, Pеnеmu Angkа Nоl"

Sejumlah sejarawan, Ibnu Al Jawzi, Ibnu Al Khatib Baghdadi, dan Ibnu Katsir, memuji kemampuan Sutayta dalam matematika. Sutayta sangat menguasai hisab atau aritmatika dan perhitungan waris.

Kedua cabang matematika tersebut berkembang dengan baik di zamannya. Dalam aljabar, ia berhasil menemukan sebuah persamaan yg pada masa selanjutnya, sering dikutip oleh pakar matematika lainnya. Bidang ilmu lain yg juga dikuasainya adalah sastra Arab, ilmu hadis, dan hukum.

Baca: "11 Tоkоh Wаnіtа Muѕlіmаh уаng Tеrkеnаl kаrеnа Kеіlmuwаnnуа"

Sutayta Al-Mahamali meninggal dunia pada 987 Masehi setelah lama bergelut dengan angka dan memberikan kontribusinya dalam bangunan peradaban Islam.

Bеrbаgаі ѕumbеr

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain