Zaynab Shāhdā Binti Ahmad - Ahli Sastra Dan Ilmu Wawasan Umum Masa Ke-14

Zауnаb Shāhdā bіntі Ahmаd bіn Al-Fаrаj bіn Umаr Al-Abrī atau lebih diketahui dengan nama Zауnаb Shāhdā ialah salah satu kaligrafer yang paling mencolokdi periode pertengahan.

adalah salah satu kaligrafer yang paling menonjol di abad pertengahan Zaynab Shāhdā binti Ahmad -  Ahli Sastra dan Ilmu Pengetahuan Umum Abad ke-14

Selain seorang kaligrafer, Zaynab juga diketahui selaku sosok yang berpengetahuan luas dan menguasai tidak mengecewakan banyak bidang ilmu, seperti hadist, syariah, dan sains. Dalam bidang kaligrafi, kompetensinya tidak tanggung-tanggung. Ibn Khallikān, yang diketahui selaku sejarawan penting era ini, menulis bahwa Zaynab telah menerima pelajaran dan ijazahnya dari para ilmuwan penting di periode ke-5 Hijriah ibarat Abu al-Hattāb Nasr bin Ahmad al-Butruvānī dan Abū ‘Abdullāh Hussain bin Ahmad bin Talha an-Niālī. Bahkan sumber lain juga menyebutkan bahwa Muhammad bin ‘Abdul Mālīk, dari sekolah Mesir, yakni gurunya.

Baca: "11 Tоkоh Wаnіtа Muѕlіmаh уаng Tеrkеnаl ѕеbаb Kеіlmuwаnnуа"

Zainab binti Ahmad merupakan wanita yang mempunyai pengertian yang dalam wacana hadist dan merupakan guru di sekolah hanbali di Damaskus. Beberapa murid didikannya yang terkemuka yaitu al-Tirmidzi, al-Tahawi, Sahih Bukhari dan Shahih Muslim. Beberapa murid lain juga cukup terkenal dalam bidang ilmu wawasan, yakni Ibnu Battuta, Taj Al-Din Al-Subki, dan Al-Dzahabi.

Pada periode ke-14, masih sungguh sedikit sekali perempuan muslim yang mengenyam sekolah dan mempunyai wawasan dalam bidang sastra ataupun ilmu wawasan. Zainab yaitu salah satu nama yang memiliki keunggulan dan terkenal dengan kepandaiannya pada zaman tersebut.

Disamping kaligrafi, dia menghabiskan waktunya untuk berguru sains dan sastra. Zaynab Shāhdā meninggal di Baghdad, dikala berusia hampir 100 tahun, pada hari Minggu siang, 13 Muharram, 574 H/1178 M. Ia meninggalkan beberapa karya di Baghdad dan sejumlah madrasah.

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain