Zaynab Shāhdā Binti Ahmad - Ahli Sastra Dan Ilmu Pengetahuan Umum Abad Ke-14

Zауnаb Shāhdā bіntі Ahmаd bіn Al-Fаrаj bіn Umаr Al-Abrī atau lebih dikenal dengan nama Zауnаb Shāhdā adalah salah satu kaligrafer yang paling menonjol di abad pertengahan.

adalah salah satu kaligrafer yang paling menonjol di abad pertengahan Zaynab Shāhdā binti Ahmad -  Ahli Sastra dan Ilmu Pengetahuan Umum Abad ke-14

Selain seorang kaligrafer, Zaynab juga dikenal sebagai sosok yg berpengetahuan luas dan menguasai cukup banyak bidang ilmu, seperti hadist, syariah, dan sains. Dalam bidang kaligrafi, kompetensinya tak tanggung-tanggung. Ibn Khallikān, yg dikenal sebagai sejarawan penting era ini, menulis bahwa Zaynab telah menerima pelajaran dan ijazahnya dari para ilmuwan penting di abad ke-5 Hijriah seperti Abu al-Hattāb Nasr bin Ahmad al-Butruvānī dan Abū ‘Abdullāh Hussain bin Ahmad bin Talha an-Niālī. Bahkan sumber yang yang yang lain juga menyebutkan bahwa Muhammad bin ‘Abdul Mālīk, dari sekolah Mesir, adalah gurunya.

Baca: "11 Tоkоh Wаnіtа Muѕlіmаh уаng Tеrkеnаl kаrеnа Kеіlmuwаnnуа"

Zainab binti Ahmad merupakan wanita yg memiliki pemahaman yg dalam mengenai hadist dan merupakan guru di sekolah hanbali di Damaskus. Beberapa murid didikannya yg ternama adalah al-Tirmidzi, al-Tahawi, Benar Bukhari dan Shahih Muslim. Beberapa murid yg lain juga cukup terkenal dalam bidang ilmu pengetahuan, yaitu Ibnu Battuta, Taj Al-Din Al-Subki, dan Al-Dzahabi.

Pada abad ke-14, masih sangat sedikit sekali wanita muslim yg mengenyam sekolah dan memiliki pengetahuan dalam bidang sastra ataupun ilmu pengetahuan. Zainab adalah salah sesuatu nama yg memiliki keunggulan dan terkenal dengan kepandaiannya pada zaman tersebut.

Disamping kaligrafi, ia menghabiskan waktunya buat belajar sains dan sastra. Zaynab Shāhdā meninggal di Baghdad, ketika berusia hampir 100 tahun, pada hari Minggu siang, 13 Muharram, 574 H/1178 M. Ia meninggalkan beberapa karya di Baghdad dan sejumlah madrasah.

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain