Albert Ghiorso - Penemu 12 Unsur Kimia

 adalah seorang ilmuwan nuklir Amerika dan penemu catatan  Albert Ghiorso - Penemu 12 Unsur kimiaAlbеrt Ghіоrѕо adalah seorang ilmuwan nuklir Amerika dan penemu catatan 12 elemen kimia di atas meja periodik termasuk Bеrkеlіum. Karir penelitiannya terbentang lima dekade, dari awal 1940an sampai akhir 1990an.

Ghiorso lahir di California pada tanggal 15 Juli 1915, keturunan Italia dan Spanyol. Ia dibesarkan di Alameda, California. Saat remaja, ia membangun sirkuit radio dan mendapatkan reputasi buat membangun kontak radio pada jarak yang mengalahkan militer.


Pеnеmuаn Elеmеn bаru

Pada awal 1940-an, Seaborg pindah ke Chicago buat mengerjakan Proyek Manhattan. Dia mengundang Ghiorso bagi bergabung dengannya, dan selama empat tahun berikutnya Ghiorso mengembangkan instrumen sensitif bagi mendeteksi radiasi yang terkait dengan peluruhan nuklir, termasuk pembelahan spontan. Salah satu instrumen terobosan Ghiorso adalah penganalisis tinggi pulsa 48 kanal, yg memungkinkannya bagi mengidentifikasi energi, dan karena itu sumber radiasi. Selama waktu ini mereka menemukan beberapa unsur baru (95, americium dan 96, curium ), meskipun publikasi ditahan sampai setelah perang.

Setelah perang, Seaborg dan Ghiorso kembali ke Berkeley, di mana mereka dan rekannya memakai 60 "siklotron Crocker untuk menghasilkan unsur-unsur peningkatan jumlah atom dengan membombardir target eksotis dengan ion helium. Dalam percobaan selama 1949-1950, mereka memproduksi dan mengidentifikasi unsur 97 ( berkelium ) dan 98 ( californium ) Pada tahun 1953, bekerja sama dengan Argonne Lab, Ghiorso dan kolaborator mencari dan menemukan unsur 99 ( einsteinium ) dan 100 ( fermium ), yg diidentifikasi oleh radiasi karakteristik mereka dalam debu yg dikumpulkan oleh pesawat terbang dari ledakan termonuklir pertama ( tes Mike ) Pada tahun 1955, kelompok tersebut menggunakan siklotron bagi menghasilkan 17 atom elemen 101 ( mendelevium ), elemen baru pertama yg ditemukan atom demi atom. Teknik rekoil yg ditemukan oleh Ghiorso sangat utama buat mendapatkan identitas yg bisa diidentifikasi. sinyal dari atom individu dari elemen baru.


Bеrkеlіum

Berkelium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yg memiliki lambang Bk dan nomor atom 97. Unsur sintetik logam radioaktif anggota deret kimia aktinida ini pertama kali disintesis dengan menembakkan amerisium dengan partikel alfa (ion helium) dan diberi nama dari nama Berkeley, California dan Universitas California, Berkeley. Berkelium merupakan unsur transuranium kelima yg berhasil disintesis.

Jumlah berkelium sangat kecil dalam diproduksi dalam eksperimen nuklir sebelumnya. Unsur ini pertama kali disintesis, diisolasi dan diidentifikasi pada bulan Desember 1949 oleh Glеnn T. Sеаbоrg, Albеrt Ghіоrѕо, Stаnlеу G. Thоmрѕоn, dan Kеnnеth Strееt, Jr. Mereka menggunakan siklotron 60 inci di University of California, Berkeley. Mirip dengan penemuan amerikium yg hampir simultan (elemen 95) dan curium (elemen 96) pada tahun 1944, elemen baru berkelium dan kalifornium (elemen 98) keduanya diproduksi pada tahun 1949-1950.


Sumbеr: httрѕ://еn.wіkіреdіа.оrg/wіkі/Albеrt_Ghіоrѕо

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain